Monday 12 June 2017

Gempa Bumi dan Cara Penanggulangannya



MAKALAH

“ Tentang Bencana  Gempa bumi Dan Upaya Upaya Penanggulangan “







Institut Pemerintahan Dalam Negeri
Kampus Papua
Tahun Ajaran 2014-2015

Kata pengantar

            Pertama – tama segala puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan ramatnya saya dapat menyelesaikan makalah tepat pada waktuknya dari waktu yang diberikan dosen. Makalah ini membahas tentang “ Tentang Bencana  Gempa bumi Dan Upaya Upaya Penanggulangan “.
Kemudian dalam menyusun makalah ini saya banyak mendapatkan hambatan maupun kritikan dan saran, tetapi itu merupakan tujuan dalam menyelesaikan makalah dengan sebaik-baiknya agar makalah ini dapat di pahami dengan baik dan benar oleh pembaca. Saya juga memahami bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan sehingga membutuhkan saran maupun usulan yang bermanfaat bagi makalah ini, sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai ajuan perbaikan makalah yang saya buat nantinya serta menambah pengalaman saya dalam proses pembuatan makalah untuk tugas-tugas berikut yang akan diberikan oleh dosen.
Daftar isi

Judul                           …………………………………………………………. I
Kata Pengantar           ..………………………………………………………... II
Latar Belakang            …………………………………………………………. III
Bab I                           .………………………………………………………… IV
A.    Pembahasan
1.      Abstrak
2.      Pengertian Gempa Bumi
3.      Tipe Gempa Bumi
4.      Penyebab Terjadinya Gempa Bumi
5.      Evaluasi tergkait gempa Bumi
Bab II                          ..………………………………………………………... V
A.    Upaya-upaya Penangulanagan
Bencana Alam Akibat Gempa Bumi
1.      Di Dalam Rumah
2.      Di Luar Rumah
3.      Dengarkan Informasi.
Bab III                                    ………………………………………………………… VI
A.    Penutup
B.     Daftar Pusaka


Bab I
Latar belakang

Suatu bencana alam yang terjadi dalam kehidupan didunia ini adalah bentuk untuk memahami bahwa itu merupakan intropeksi dalam segala aspek terutama pada setiap daerah yang rawan bencana alam. Tetapi Pada daasarnya suatu kejadian yang terjadi dalam kehidupan yang fana ini merupakan kehendak dari sang maha kuasa. Konsekuesinya bahwa setiap terjadi permasalahan maka di perlukan solusi dalam penaganan masalah tersebut yang dimana diharapkan dapat membuat suatu jalan gkmdeluar dalam masalah tersebut.
Jika bencana alam adalah suatu kejadian yang menuntut agar suatu kerugian dirasakan yang bisa saja menutut segala bentuk kerugian besar maupun kerugian sepanjang massa oleh sebab itu sudah sepatutnya maka diperlukan suatu bentuk konkrit nyata untuk masalah yang berkembang dalam kedudakan problematika yang ada. Mungkin bencana alam adalah bentuk kmdombinasi dari aktifitas alam dan aktifitas manusia sehinnga perlunya kesadaaran dalam langka-langka untuk intropeksi diri dengan setiap kejadian yang terjadi.
Namun demikian bagi daerah yang memiliki bahaya becana yang lebih tinggi dengan dampak akan  bahwa akan terjadi kegagalan dalam setiap aspek kerugian yang membuat suatu kedudukan akan kerugian yang sanga nyata dalam kehidupan manusia pada dasarnya, tetapi harus disadari jika setiap manusia memilikai ketahanan dan kemampuan dalam mengelola setiap manfaat yang terjadi akibat adanya bencnana mungkin akan membuat setiap pelaksanaan dari ketahanan dan kemampuan akan saja bisa di pertahankan dalam lingkungan atau area bencana yang terjadi
Tujuan penulis :
Menambah pengetahuan tentang bencana alam dan mengetahui sebab akibat terjadi bencana alam. Serta menyelesaikan tugas dari dosen untuk setiap Praja IPDN yang dimana ini dilakukan untuk membuat setiap praja bias aktif dalam memahami tugas yang diberikan.
Bab II
PEMBAHASAN

1.      Pengertian Gempa Bumi

Gempa bumi adalah getaran atau guncanagan yang terjadi di permukaan bumi yang biasanya disebabakan oleh penggerak kerak bumi ( lempeng Bumi).kebanyakan terjadnya gempa bumi di sebabkan akibat adanya pelepasan energi yang dihasilakan oleh tekanan sebab lempeng yang bergerak atau bergeser.
Yang dimana apabila semakin lama lempengan itu bergerak berarti semakin membesar akhirnya yang pada akhirnya mencapai pada keadaan dimanatekanan ersebut tidak dapat di tahanoleh pinggiran lempengan makgma pada saat itu gempa bumi akan terjadi. Kebanyakan gempa bumi di akibatkan pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang terjadi karena pergerakan atau pergeseran yang terlalu besar sehinnga tak dapat ditahan.
Gempa bumi juga merupakan peristiwa bencana alam yang ditandai dengan berguncangnya bumi secara tiba-tiba

2.      Abstrak

Secara garis besar gempa bumi terjadi begitu cepat getaran pertama (+ 2 menit ) yang mana dapat membuat kerusakan yang begitu banyak dan juga bisa datang secara tiba tiba dan dapat membuat kerusakan begitu parah. Gempa bumi ketika ini erjadi energi yang dilepaskan menyebabkan batuan sekitarnya bergetar yang mana mengakibatkan gempa.
Biasanya fenomena alam gempa bumi ini dapat meluluhkan daerah dengan menimbulkan kgmerugian harta benda dan menalan korban yang tidak sedikit jumlahnya. Sehingga apabila hal ini terjadi maka di perlukan mitigasi.
Miigasi adalah suatu tindakan yang dilakukan sebelum munculnya suau benda tindakan-tindakan pembencana yanag meliputi kesiapan dan tindakan pengurangan dampak yang ditimbulkan.

3.      Tipe Gempa Bumi

1.      Gempa bumi vulkanik ( gunung api ) :gempa ini terjadi akiabat adanya aktifitas magna yang biasa terjadi sebelum gunung apai meletus. Apabila aktifitas dari gunung semakin tinggi maka akan menimbulkan terjadinya gempa bumi dan gempa tersebut hanya biasa terjadi pada sekitar gunung api tersebut.

2.      Gempa bumi tektonik gempa bumi ini disebabkan akibat adanya aktifitas tektonik yaitu pergeseran tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Gempa bumi ini banyak menimbulkan kerusakn atau bencana alam pada saat terjadi gempa. Gempa bumi tektonik disebabkan akibat adanya perlepasan atau tenaga yang disebabkan adanya pergeseran lempeng plat tektonik seperti samanya gelang karet dan di lepasakan.
Teori dari lempeng tektonik  menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan sebagai besar area dari kerak itu hanyut dan mengapung di lapisan seperti salju.

4.      Penyebab Terjadinya Gempa Bumi

Gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan lempengan tersebut dan gempa bumi yang palng parah biasanya terjadi di lempengan kompresional dan translasional. Gempa bui fokus dalam kemungkinan besar terjadi akibat materi lapisan litosfer yang terlipat kedalam yang mengalami transisi fase pada kedalaman lebih dari 600 km. Beberapa gempa bumi juga terjadi akiabat adanya pergerakan magma di dalam gunung berapi.

5.      Evaluasi Tergkait Gempa Bumi

Kadang suatu pemikiran yang terjadi dilingkungan masyarakat ketika terajadi gempa adalah kepanikan maupun ketakutan. Oleh sebab itu harus adanya penaganan  khusus tergkait hal penangulangan yang terjadi bila ada gempa maupun bencana alam lainnya sehinnga bisa membuat suatu pelayanan dengan kenyamanan bahwa tidak ada kepanikan bila terjadi gempa. Biasanya petugas dalam pelagksanaan untuk hal ini adalah BPBN (Badan Penanggulangan Bencana Nasional) atau badan pemerintah yang lain dalam tupoksi masing-masing.


Bab III
A.    Upaya Upaya Penangulanagan Bencana Alam Akibat Gempa Bumi

1.     Di Dalam Rumah

Jika posisi berada dalam rumah maka upayakan anda dan keluarga tetap berada dalam pengawasan serta tetap tidak panik dengan cara ketika gempa terjadi maka seharusnya mencari meja yang terdekat dan berlindung di meja tersebut

2.     Di Luar Rumah

Lindungi kepala anda dengan tangan atas tas maupun benda lainya yang anda pengang dan merasa nyama dalam pengunaan barang tersebut. Dan hindari daerah yang gampang terjadi pecahan atau bangunan yang gampang ambruk atau rusak.

3.     Dengarkan Informasi.
Biasanya ketika gempa terjadi masyarakat gampang tergangu jiwanya sehingga perlu orang yang mampu menenangkan dirinya pada lingkungan masyarakat setempat. Kemudian mengarahkan ke situasi dan tempat yang aman.


Bab  IV
Penutup
1.      Kesimpulan
memberikan kontribusi dan kinerja dari pemerintah yang ada untuk memfasilitasi setiap program pemerintah dengan tujuan pelayanan public umtuk masyarakat yang dimana masyarakat dijadikan objek dari tujuan pelaksanaan sehingga dapat dirasakan manfaat pemerintah untuk masyarakat nantinya.
Dan seharusnya bahwa Masyarakat sepatutnya bisa memahami hal seperti bahayanya bencana alam dan dampak yang terjadi khususnya disetiap daerah rawan bencana. Jika masyarakat mampu menyadari dan memahami bahwa bencana alam adalah tanggung jawab bersama maka korban jiwa untuk bencana dari tahun ke tahun akan berkurang untuk korban bencana Dari beberapa hal yang terjadi, di berbagai daerah terutama daerah yang biasanya terjadi gempa merupakan tanggung jawab bersama bukan tanggung jawab pemerintah daerah maupun pusat. Selain itu juga harus di ketahui bahwa apabila nantinya terjadi bencana yang telah disampaikan oleh pemerintah sepatutnya di pahami dan di respon dengan baik.
Supaya nantinya dapat alamyang terjadi di negeri ini.

     Daftar pusaka

(Data Internetan) info badan bencana alam untuk daerah bencana
( kompas.com )  manfaat untuk penanganan bencana alam

No comments:

Post a Comment

Komunis di Indonesia

Top of Form BAB I PENDAHULUAN Berakhirnya perang Indocina yang ditandai dengan jatuhnya Reziem Salgon berarti memberkan keme...